LinkAja, Penggabungan Empat BUMN

LinkAja, Penggabungan Empat BUMN

Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada awal tahun 2019 ini mulai menyatukan layanannya dalam bidang Fintech (Financial Technology). Empat BUMN tersebut antara lain Telkomsel dengan layanan tcash, Mandiri dengan layanan e-cash, BRI dengan layanan Tbank dan BNI dengan layanan UnikQu nya. Layanan Fintech di indonesia mulai booming ketika Gojek dengan menawarkan pembayaran tanpa cash dan harga yang lebih murah melalui Gopay pada tahun 2015. Kemudian di susul oleh Ovo dibawah naungan Lippo Grup pada tahun 2018 dengan promo pembayaran 1 rupiah untuk parkir seharian, 1 rupiah untuk naik Grab Bike dan Grab Car serta promo 1 rupiah lainnya.

Dan pada tahun 2019, tepatnya pada tanggal 1 Maret 2019, BUMN menawarkan aplikasi LinkAja, sebagai dompet digital untuk menyaingi 2 raksasa besar tadi (Gopay dan Ovo). Aplikasi LinkAja ini dapat kamu download di Playstore dari smartphone kamu masing-masing.

Kemudian fitur dan promo apa saja yang ditawarkan oleh LinkAja untuk menhadapai 2 raksasa besar tadi??

Ok, ketika kamu mau menginstal LinkAja di Playstore, kamu pasti bisa melihat detail atau keterangan lebih lanjut tentang aplikasi tersebut. Disana dijelaskan bahwa LinkAja dikomandoi oleh PT. Fintek Karya Nusantara disingkat menjadi Finarya, singkatan yang cukup menarik ya.

Adapun jargon yang digunakan yaitu #BeresTanpaCash, dengan layanan sebagai berikut :

  • Bayar Merchant
  • Transfer Uang
  • Isi Pulsa dan Paket Data Semua Operator
  • Bayar Semua Tagihan
  • Voucher Game
  • Kirim Donasi
  • Belanja Online

Kemudian metode transaksi seperti apa saja yang dapat kita lakukan di merchant??

Ada tiga cara transaksi yang ditawarkan oleh LinkAja untuk mempermudah transaksi kamu diberbagai macam merchant, yaitu :

  1. QR Code (sama seperti 2 raksasa lainnya yang menawarkan metode ini, untuk melakukan transaksi kamu tinggal memindai kode QR yang tesedia di merchant)
  2. NFC Sticker (NFC atau Near-Field Communication hanya tersedia di smartphone flagship keatas, tapi tenang bagi kamu yang di smartphonenya masih belum mendukung fitur ini, kamu bisa menambahkan NFC stiker di smarphone kamu)
  3. Token (kamu juga bisa melakukan pembayaran dengan kode token di merchant)

Nah itulah sedikit ulasan LinkAja yang ikut meramaikan layanan Fintech di Indonesia menyaingi dua raksasa besar yaitu GoPay dan OVO.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

One Comment on “LinkAja, Penggabungan Empat BUMN”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *