Literasi

literasi

Literasi dalam kamus besar bahasa indonesia berarti kemampuan menulis dan membaca. Istilah literasi ini sering digunakan oleh para pegiat literasi di indonesia untuk meningkatkan minat baca dan menulis warga negara indonesia terkhusus para pemuda yang sedang memasuki masa-masa belajar dan mengenal sesuatu yang baru. Para pegiat literasi ini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari publik figur, wartawan, penulis, dosen, mahasiswa dan lain-lain.

Pemerintah indonesia mencanangkan beberapa hari-hari besar untuk meningkatkan minat menulis dan membaca warganya, diantaranya tanggal 21 Maret sebagai Hari Puisi Sedunia, 17 Mei Hari Pemberdayaan Perpustakaan, 7 Juli Hari Pustakawan, 14 September Bulan Gemar Memabaca dan Hari Kunjung Perpustakaan, 25 Oktober Hari Gerakan Pemasyarakan Minat Baca (GPMB), 12 November Hari Gerakan Nasional Membaca dan 7 Desember Hari Gerakan Membaca Nasional.

Mungkin sedikit dari kita yang tahu dan memperingati hari-hari tersebut, kecuali mereka yang berada atau bertugas di perpustakaan yang mengetahui dan memperingatinya. Di indonesia sendiri Perpustakaan Nasional (perpusnas) di umurnya yang ke 39 tahun (17 Mei 1980 – 17 Mei 2019) telah mempermudah masyarakat untuk bisa membaca koleksi buku mereka melalui media online yang bisa kita akses di alamat http://www.perpusnas.go.id dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai anggota.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *