Manfaat Mencatat dengan Alat Tulis

Mencatat

Cara yang kita lakukan untuk mengingat informasi adalah dengan membuat catatan (baca : mencatat). Mencatat identik dengan alat tulis berupa buku dan pena (tradisional), namun dengan perkembangan teknologi mencatat dapat kila lakukan menggunakan komputer/laptop, smartphone (baca: gawai), smartwatch dan teknologi lainnya (modern).

Menurut penelitian yang di lakukan oleh Meuller dan Oppenheimer mencatat dengan alat tulis memberikan daya ingat yang lebih panjang dari pada mencatat dengan perangkat (laptop atau gawai). Hal ini didasarkan pada dua alasan yaitu :

Pertama, ketika kita mencatat dengan alat tulis, waktu yang kita butuhkan untuk mencatat informasi yang disampaikan lebih lama daripada waktu yang dibutuhkan pembicara dalam menyampaikan informasi tersebut. Sehingga kita harus bisa mencatat poin-poin penting dari informasi yang telah disampaikan. Berbeda dengan mencatat menggunakan perangkat, waktu yang kita butuhkan untuk mencatat hampir sama dengan waktu yang dibutuhkan pembicara dalam menyampaikan informasi sehingga tidak ada proses filter / pemilihan informasi yang kita lakukan.

Kedua, ketika kita mencatat menggunakan perangkat, bisa jadi kita akan lebih fokus pada perangkat seperti browsing, chatting, dan sejenisnya, sehingga kita mengabaikan informasi yang disampaikan dan secara tidak sadar meninggalkan kegiatan tersebut.

Jadi, mencatat menggunakan alat tulis bisa membuat kita mendapatkan informasi yang kita inginkan dan mengingatnya lebih lama serta tidak mengabaikan orang-orang yang ada dalam kegiatan tersebut.[obi]

Dikutip dari https://www.psychologytoday.com/intl/blog/creative-leadership/201902/why-you-should-take-notes-hand

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

2 Comments on “Manfaat Mencatat dengan Alat Tulis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *