Media Sosial : Media Komunikasi, Berbagi dan Penyimpanan

Media Sosial

Kebutuhan primer manusia di era global saat ini setidaknya bertambah satu yaitu smartphone (baca : gawai). Yang awalnya hanya sebagai kebutuhan tersier atau kebutuhan tingkat ketiga, yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, namun di era global ini gawai menjadi suatu kewajiban yang mau tidak mau harus dimiliki, jika tidak maka kita akan banyak ketinggalan informasi, baik yang berhubungan dengan keluarga, pekerjaan, hiburan, gosip dan lain-lain.

Kebutuhan akan gawai dapat kita persempit lagi menjadi media komunikasi atau media berbagi informasi yang semua itu dapat kita temui melalui media sosial. Melalui media sosial kita dapat melakukan komunikasi kepada siapa pun baik yang kita kenal maupun tidak, baik terpaut jarak yang dekat maupun jauh sekalipun. Kita juga dapat berbagi informasi baik informasi pribadi, pekerjaan, hiburan, pacar, orang tua, atau informasi apa pun selama informasi tersebut tidak melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Informasi yang kita bagikan tersebut dapat diakses oleh semua orang atau kepada orang yang kita kehendaki karena di beberapa media sosial sudah ada fitur privasi yang bisa kita atur apa saja yang bisa dilihat oleh publik, teman atau orang-orang tertentu. Ketika seseorang berbagi ke media sosial ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya kebanggaan, kegembiraan, identitas, dan validitas sosial.

Selain untuk mengekpresikan diri (validitas sosial), media sosial juga berfungsi sebagai media penyimpanan online baik berupa gambar, tulisan, cerita dan lain-lain, yang dapat kita akses kapan pun dan dimanapun kita berada.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *