Membuat Database MySQL Menggunakan phpMyAdmin

Hallo sobat #sentil.,

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara membuat server offline menggunakan XAMPP, dan pada tulisan ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat Database MySQL di phpMyAdmin. Ohw iya, sebelum kita lanjut ke tahapan selanjutnya, sebaiknya kita kenalan dulu dengan phpMyAdmin, berikut pengertiannya menurut wikipedia

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui website Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web) . phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perizinan (permissions), dan lain-lain).

Jadi bisa kita anggap phpMyAdmin adalah aplikasi yang membantu kita dalam menangani berbagai operasi di MySQL.

Ok, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat database MySQL menggunakan phpMyAdmin.

  1. Buka control panel XAMPP, kemudian klik tombol start di Apache dan MySQL sampai warnanya berubah menjadi hijau.

  2. Buka browser (Chrome, Mozila, IE, Safari, dll), dan ketik url berikut ini tanpa tanda petik “localhost” atau “127.0.0.1”
  3. Klik menu phpMyAdmin di pojok kanan atas atau bisa langsung kita akses dengan mengetikkan url berikut ini tanpa tanda petik “localhost/phpmyadmin” atau “127.0.0.1/phpmyadmin”
  4. Klik menu Basis data, kemudian di inputan Nama basis data kita inputkan  nama basis data yang ingin kita buat (untuk penamaan basis data tidak boleh menggunakan spasi) dan klik tombol Buat

  5. Selamat kita berhasil membuat sebuah database baru dengan nama sentil tanpa harus menuliskan query mysql.

Demikian cara membuat database MySQL menggunakan phpMyAdmin, langkah selanjutnya adalah membuat tabel yang akan dibahas pada tulisan berikutnya. Nantikan tutorial lainnya di website kami.

Salam sobat #Sentil.

 

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *