Membuat Server Offline Menggunakan XAMPP

Halo sobat #sentil.

Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat server kita sendiri secara offline atau lokal. Caranya sangat mudah sekali, kita hanya perlu menginstal satu aplikasi. Ya benar, hanya satu aplikasi saja yaitu XAMPP.

XAMPP merupakan singkatan dari X (tempat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl [ini pengertiannya saya ambil dari wikipedia, bagi yang ingin mengetahui lebih dalam apa itu XAMPP silahkan klik link wikipedia tersebut]

Langsung saja kita bahas bagaimana cara menginstal aplikasi xampp (berhubung saya menggunakan windows jadi tutorialnya hanya berlaku untuk pengguna windows ya sobat, untuk OS lainnya bisa langsung dibaca di website xampp nya ya)

  1. Pertama kita download dulu aplikasinya disini (ini untuk versi terbarunya ya sobat), kalo saya menggunakan versi 5.6.21 bisa didownload disini.
  2. Setelah didownload, kita masuk ke proses instalasi. Klik dua kali pada file insallernya, maka akan muncul dialog konfirmasi, kita klik Yes.
  3. Kemudian akan muncul peringatan seperti gambar dibawah dan klik Ok.
  4. Klik tombol Next

  5. Kemudian kita diminta memilih komponen apa saja yang akan kita instal dalam paket XAMPP, kita pilih semua dan klik tombol Next.

  6. Selanjutnya kita diminta untuk memilih di dalam folder mana kita akan menginstal XAMPP, defaultnya akan terpilih folder C:\xampp , namun ini bisa kita ganti di folder lainnya misal D:\xampp atau E:\xampp, kemudian klik Next.
  7. Hilangkan tanda centang di Learn more about bitnami for Xampp, dan klik Next.
  8. Pengaturan selesai dan xampp sudah siap diinstal  di komputer anda, klik tombol Next maka xampp akan segera diinstal di komputer anda.
  9. Selamat XAMPP berhasil diinstal dikomputer anda, untuk membuka xampp control panel kita dapat mencarinya dipencarian windows dengan mengetikkan xampp
  10. Setelah XAMPP Control Panel muncul, kita klik start di Apache dan MySQL, dan tulisan start akan berubah menjadi stop dan Apache akan berubah warna menjadi hijau.
  11. Untuk mengakses server offline, kita buka browser dan tulis localhost/dashboard maka akan muncul tamilan seperti gambar dibawah ini.
  12. Selesai.

Akhirnya kita bisa membuat server offline atau lokal kita sendiri menggunakan xampp.  Nantikan tutorial lainnya di website kami.

Salam sobat #Sentil.

 

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

One Comment on “Membuat Server Offline Menggunakan XAMPP”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *