Mencari Data Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel

Sering kali kita dihadapkan dengan masalah pencarian data dalam kumpulan data di excel, jika kita melakukan pencarian satu persatu maka kita akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mencari data dalam kumpulan data tersebut. Solusinya kita bisa menggunakan rumus yang telah disediakan pada excel yaitu VLOOKUP.

Di dalam rumus VLOOKUP terdapat empat variabel yang harus kita isikan yaitu lookup value, table array, col index num, dan range lookup. 

  • lookup value merupakan nilai yang akan kita cari.
  • table array merupakan kumpulan data di mana kita akan melakukan pencarian.
  • col index num merupakan kolom ke berapa dari table array yang akan kita ambil datanya.
  • range lookup merupakan boolean true dan false, dimana true akan mencari data yang mendekati / hampir sama dan false akan mencari data yang sama persis.

Setelah memahami keempat variabel tersebut, langkah selanjutnya kita akan mengimplementasikan rumus VLOOKUP berdasarkan data mahasiswa berikut ini. Sheet1 berisi data mahasiswa yang diurutkan berdasarkan NIM, dan pada Sheet2 berisi data mahasiswa dan jumlah presensi yang diurutkan berdasarkan nama. File excel yang akan kita gunakan untuk implementasi dapat diunduh di sini.

Sheet1 Data Mahasiswa Berdasarkan NIM
Sheet2 Data Mahasiswa Berdasarkan Nama

Kita akan mencari data presensi pada Sheet2 untuk diisikan di kolom presensi pada Sheet1. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja kita bahas caranya satu persatu.

    1. Arahkan kursor / pilih baris pertama di bawah kolom presensi pada Sheet1
    2. Kemudian ketik rumusnya
      =VLOOKUP()
    3. Kemudian klik baris pertama di bawah kolom NIM pada Sheet1 sehingga rumusnya menjadi seperti ini
      =VLOOKUP(B2)
    4. Untuk memisahkan antara variabel pertama dan kedua ketik tanda titik koma “;” setelah memilih NIM, kemudian kita beralih ke Sheet2 dan pilih data mahasiswa dari baris pertama NIM sampai baris terakhir presensi. Pastikan data kolom pertama yang kita pilih pada Sheet2 adalah data NIM karena data yang akan kita cari berdasarkan NIM.
      =VLOOKUP(B2;Sheet2!B2:D31)
    5. Agar data mahasiswa yang dipilih pada Sheet2 tidak berubah ketika kita mengganti data pada baris kedua kolom NIM tekan tombol F4 di keyboard Anda dan akan ada tambahan simbol dolar $ pada variabel table array seperti berikut ini
      =VLOOKUP(B2;Sheet2!$B$2:$D$31)
    6. Selanjutnya ketik tanda titik koma untuk memisahkan variabel kedua dan ketiga. Variabel ketiga merupakan kolom yang akan kita ambil datanya, pada Sheet2 data yang kita pilih dimulai dari kolom NIM, Nama dan Presensi, sehingga kolom yang kita pilih adalah kolom ketiga dan rumusnya menjadi seperti ini
      =VLOOKUP(B2;Sheet2!$B$2:$D$31;3)
    7. Variabel terakhir yaitu range lookup yang memiliki nilai true dan false, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya kita akan memilih false karena kita ingin mencari data yang sama persis, sehingga rumusnya menjadi
      =VLOOKUP(B2;Sheet2!$B$2:$D$31;3;FALSE)
    8. Setelah selesai tekan tombol Enter  dan data presensi otomatis akan terisi sesuai data di Sheet2.
    9. Lakukan langkah yang sama untuk kolom kedua dan selanjutnya atau Anda dapat mengarahkan kursor di bawah rumus pertama sampai tanda plus putih menjadi plus hitam, kemudian klik 2 kali atau Anda dapat meng-copy rumus dari baris pertama di bawah kolom presensi kemudian mem-paste di baris berikutnya.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *