Ragam Budaya Indonesia

Ragam Budaya Indonesia

Budaya Indonesia – Sebagai Negara kepulauan, dan juga dengan jumlah penduduk yang cukup padat, Indonesia memiliki berbagai macam budaya. Nah, tahukah kamu apa itu budaya? Budaya adalah sebuah hasil karya, atau pemikiran seseorang atau kelompok dimana hal itu diwujudkan dalam sebuah benda, atau kegiatan. Beberapa contoh budaya bangsa ini adalah pakaian adat masing-masing daerah. Tak hanya itu, setiap propinsi pun punya rumah adat sendiri, seperti joglo di jawa timur. Rumah adat dan pakaian merupakan contoh kecil dari kayanya budaya bangsa ini. Selain itu, ada juga berbagai jenis tari yang khas masing-masing daerah.

Contohnya adalah tari kecak Bali, jaranan dan Reog Jawa Timur, lenong jakarta, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing tari ini memiliki makna filosofis tersendiri, contohnya adalah tari kecak yang menceritakan manusia yang harus melawan keburukan di dunia, atau tari jaranan yang menceritakan tentang perjalanan salah seorang keluarga kerajaan. Itu semua hanya dapat kamu temukan di Indonesia saja. Dan saat ini, ragam budaya Indonesia tersebut mulai kurang diminati oleh generasi muda. Nah, apakah kamu adalah orang yang termasuk peduli dengan budaya bangsamu? Jika kamu memang peduli, tak ada salahnya dari sekarang untuk belajar budaya tersebut. Bisa dimulai dengan ikut kelompok seni yang ada di sekitarmu.

Nah, itulah beragam budaya bangsa kita ini, semoga kamu memang termasuk orang yang mau dan mampu menerima warisan leluhur tersebut.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *