Serba Serbi Pemilu 2019

Serba Serbi Pemilu 2019

Pemilu 2019 merupakan sebuah kontes akbar yang diikuti oleh banyak sekali calon legislatif di seluruh Indonesia. Pada pemilu kali ini, kita tak hanya memilih calon anggota legislatif mulai dari tingkat Nasional, Propinsi dan kota/kabupaten saja. Sebab kita juga akan memilih calon presiden untuk 5 tahun kedepan. Nah, tentu kita tahu bahwa calon presiden tahun ini tak beda dengan tahun 2014 lalu, yang beda hanyalah wakilnya. Jika dulu calon wakil presiden Jokowi adalah Jusuf Kalla, maka sekarang berganti Kyai Ma’ruf Amin. Sedangkan wakil Prabowo yang dulu Hata Radjasa, sekarang berganti Sandiaga Uno. Tentu ini akan menjadi kontes yang sangat seru antara dua pasangan calon.

Pemilu 2019 ini juga termasuk pemilu terbesar di dunia dimana sebanyak 192,8 juta pemilih akan memberikan suara mereka pada 809.500 TPS yang tersebar di seluruh nusantara. Hebatnya lagi, pemilu ini diikuti sekitar 300 ribu kandidat yang berkampanye, dan bersaing untuk 20.528 kursi di 34 provinsi di Indonesia. Saat 17 April, dimana pemungutan dilaksanakan, tempat pemungutan suara akan dibuka dari pukul 7 pagi sampai pukul 1 siang. Kemudian suara dihitung oleh KPPS di depan masyarakat, bersama dengan Pengawas TPS dan saksi partai.

Setelah itu, dimulailah proses “rekapitulasi” yang panjang, di mana suara dikumpulkan dan diumumkan di tingkat kecamatan, hingga provinsi dan pusat. Itulah serba serbi pemilu tahun 2019 ini. jangan sampai Anda tidak menggunakan hak pilih ya.

Baca juga tulisan tentang politik dan pemilu lainnya

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *