Simulated Annealing sebuah Algoritma Optimasi

Simulated Annealing sebuah Algoritma Optimasi

Segala hal, akan menjadi lebih baik jika dilakukan dengan sabar dan tawakal, eh ini ngomong apa si, mau ceramah ya??? maaf-maaf kok jadi gak nyambung ya sama judulnya.

Ok balik ke topik, sesuai dengan judul.

Simulated Annealing kalau kita terjemah ke bahasa indonesia menggunakan google translate, ya jelas dong pake google translate kan males kalau disuruh terjemah sendiri, secara kita kan generasi millenials yang kalau ada apa-apa langsung tanya ke syekh google yang maha tahu (bukan tempe ya). Balik lagi ke Simulated Annealing atau simulasi pelunakan dalam bahasa indonesia merupakan sebuah algoritma optimasi yang mempunyai single solution atau satu solusi.

Jadi bagi kalian yang gak cukup satu, ya tinggal tambah satu lagi, masih belum cukup tambah satu lagi, kata Ahmad Dhani kalau dua-duanya merajuk ane kawin tiga. Boro-boro tiga, satu saja saya belum punya kok (cie yang lagi jomblo nie ye).

Sudah ah becandanya, lagi bahasa algoritma kok malah becandaan mulu. Salah satu sifat yang cenderung berpindah-pindah atau nomaden di awal dan lebih selektif di akhir. Persis seperti kamu para pekerja bukan pra kerja ya, ketika awal-awal bekerja di suatu perusahaan A misalnya dan kemudian datang tawaran baru dari perusahaan B yang gaji dan tempatnya belum tentu lebih baik dari perusahaan A, apalagi kalau bisa mendapatkan yang lebih baik, maka kamu akan cenderung memilih untuk pindah ke perusahaan B itu.

Beda lagi ceritanya jika kamu sudah lama bekerja di perusahaan A dan kamu sudah merasa nyaman bekerja disana, ketika ada tawaran dari perusahaan B yang lebih baik dari perusahaan A, belum tentu kamu akan memilih pindah ke perusahaan B, tentunya banyak pertimbangan yang akan kamu pikirkan untuk pindah, mulai dari jenjang karir, gaji, adaptasi dengan lingkungan baru dan lain-lain.

Begitula kira-kira jika kita menganal(ogikan) algoritma Simulated Annealing dengan kamu para pekerja, iya kamu yang lagi bekerja tapi sering bolosnya hehehe.

Gak nyambungkan ya, ya sudah dari pada nanti ujungnya pada gak nyambung lagi kita akhiri sampai disini dulu mengaji algoritma nya, sekian terima kasih.

About robians

Satu langkah lebih baik dari pada tidak sama sekali

View all posts by robians →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *